Share by :

Duh, Ternyata Kesalahan dalam Parenting Ini Bisa Membuat Anak Menjadi Tukang Bully

Duh, Ternyata Kesalahan dalam Parenting Ini Bisa Membuat Anak Menjadi Tukang Bully
Image Source:https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/778e09937947e4c143470aeeb4288ac3.jpeg

Tahukah kamu jika kecenderungan anak melakukan bullying bisa disebabkan oleh kesalahan orangtua saat mendidiknya? Simak ulasan tentang kesalahan parenting yang harus dihindari agar anak tidak menjadi pelaku bully berikut ini.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Bookmark

Kasus bullying di sekolah semakin menimbulkan kecemasan di kalangan orangtua. Pasalnya, aksi bullying berisiko besar menyebabkan permasalahan pada kondisi mental anak di masa depan. Tidak hanya itu, pelaku bully juga mungkin akan mendapatkan tekanan dan berujung pada permasalahan baru. Itulah sebabnya, sangat penting bagi orangtua untuk peka terhadap masalah ini. Yuk, intip daftar kesalahan orangtua saat parenting yang berisiko menyebabkan anak menjadi pelaku bully berikut ini.

1. Tidak Mempedulikan Perasaan Anak

Anak-anak perlu belajar mengungkapkan perasaan dan emosi. Jika ini tidak didampingi dengan baik, sangat mungkin jika ke depannya si kecil akan mengalami permasalahan dalam hal mengekspresikan emosi dan perasaannya. Anak-anak yang kesulitan mengungkapkan perasaannya cenderung menjadi berlebihan dalam mengungkapkan keinginannya. Ini sangat berisiko membuatnya melakukan bullying saat di sekolah nantinya.

Duh, Ternyata Kesalahan dalam Parenting Ini Bisa Membuat Anak Menjadi Tukang Bully
Image Source:https://www.regain.us/


2. Pengacuhan Anak-Anak

Orangtua mungkin tidak bermaksud mengabaikan anak-anak mereka, tetapi banyak orangtua yang tanpa sadar melakukannya. Sebagai orang dewasa, para orangtua kerap kesibukan dan asyik dengan pekerjaan mereka. Mereka kemudian mendelegasikan tanggung jawab pengasuhan anak-anak kepada pengasuh yang mereka bayar atau kakek-nenek. Hal ini memang terkesan biasa saja, tetapi ini dapat menjadi bentuk pengabaian emosional yang merusak perasaan seorang anak. Pada beberapa kasus, anak-anak bisa mencari perhatian dengan menjadi pelaku bully di sekolahnya.
 


3. Kebiasaan Membanding-bandingkan Anak

Tidak ada siapapun yang suka untuk dibanding-bandingkan. Begitu pula dengan anak-anak. Mereka tentu akan merasa tidak nyaman dan terganggu jika kamu terus membandingkannya dengan saudaranya atau temannya. Hal ini bisa membuatnya melampiaskan emosi dengan melakukan bully ke anak lain untuk menunjukkan dominasinya pada orang lain.
 

Duh, Ternyata Kesalahan dalam Parenting Ini Bisa Membuat Anak Menjadi Tukang Bully
Image Source:https://www.crosswalk.com/


4. Tidak Konsisten dan Kurang Tegas

Orangtua yang tidak konsisten dapat berujung pada karakter anak yang manja dan keras kepala. Hal ini ditambah lagi dengan kurang tegasnya orangtua yang membuat anak menjadi kehilangan kepekaan dan empati pada orang lain. Anak seperti ini akan merasa bahwa dirinya adalah pusat dari segalanya dan semua orang harus melakukan apa yang mereka inginkan. 
 

<baca juga>


5. Orangtua yang Membully

Tahukah kamu jika orangtua juga bisa melakukan bullying pada anaknya sendiri? Orangtua yang suka mengintimidasi anaknya cenderung menjadi sosok yang mengendalikan segalanya tentang anak. Ingat, menjadi tegas dan konsisten tidak harus dilakukan dengan mengontrol anak secara keseluruhan.

Diperlukan komunikasi untuk menunjukkan kepekaan dan simpati dari orangtua terhadap anak. Perlakuan ini bisa dilampiaskan dengan melakukan bullying pada anak lain di luar rumah. Jadi, pastikan untuk lebih waspada dalam menerapkan pola parenting untuk si kecil. Jangan sampai kesalahanmu membuatnya bersikap buruk pada orang-orang sekitarnya.
 


Related Articles
3rd ANNIVERSARY
Popular Forum
Related Articles
My Clips
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles