Share by :

Penelitian Ungkap Mengobati Diabetes Sama dengan Mencegah Penyakit Alzheimer

Penelitian Ungkap Mengobati Diabetes Sama dengan Mencegah Penyakit Alzheimer
Image Source:https://files.nccih.nih.gov/s3fs-public/ThinkstockPhotos-stk65057cor.jpg?rN9JkVcm8W2h2YVwyaChrGj5zdRMHrmu

Mungkin tak banyak yang tahu jika ternyata diabetes memiliki keterkaitan dengan penyakit alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan jika ternyata mengobati diabetes tipe 2 sama dengan mencegah penyakit alzheimer. Penelitian tersebut dilakukan oleh seorang profesor dari University of Southern California.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Bookmark

Mengobati diabetes sama saja mencegah penyakit Alzheimer? Benarkah? Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi setiap orang. Pasalnya, penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah ini dapat menyerang siapa saja. Tanpa mengenal batasan usia. Semua itu bergantung pada pola hidup masing-masing. Apalagi buat kamu yang suka mengonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis. Mungkin inilah saatnya kamu untuk mengecek apakah kadar gula darah di dalam tubuhmu normal atau tidak.

Mungkin, tidak ada yang menyadari jika ternyata diabetes berkaitan dengan penyakit lain, Alzheimer. Lain dengan diabetes, penyakit Alzheimer menyerang ingatan seseorang. Seseorang yang terkena penyakit Alzheimer biasanya memiliki ingatan yang terbatas. Biasanya, penyakit ini menyerang  orang-orang yang sudah memasuki usia lanjut. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa pemuda atau anak kecil juga bisa terkena penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengobati diabetes tipe 2 ternyata juga dapat mencegah seseorang terkena penyakit Alzheimer. Pasien dengan diabetes yang tidak diobati, ternyata dapat mengembangkan tanda-tanda penyakit Alzheimer sebesar 1,5 kali lebih cepat dibandingkan orang-orang yang tidak terkena diabetes. Hal ini disampaikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Diabetes Care.

 

 

 
Daniel A. Nation, seorang profesor dari University of Southern California mengatakan jika kemungkinan beberapa obat yang digunakan untuk mengobati diabetes memiliki kemungkinan membuat perbedaan dalam perkembangan degenerasi otak.
 
"Ada kemungkinan bahwa obat-obatan untuk mengobati diabetes mungkin membuat perbedaan dalam perkembangan degenerasi otak," katanya sebagaimana dilansir dari fit.thequint.com.
 
Lebih lanjut, Daniel mengatakan yang harus diselidiki lebih lanjut adalah apakah obat-obatan itu dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit Alzheimer.
 
Pada penelitian ini, setidaknya para peneliti telah menganalisis data pada hampir 1300 koresponden dengan range usia 55 tahun ke atas. Data tersebut termasuk biomarker untuk diabetes dan penyakit pembuluh darah, pemindaian otak serta berbagai indikator kesehatan lainnya termasuk kinerja memori otak manusia.
 
Berdasarkan penelitian tersebut, ada 900 pasien yang terkena diabetes tipe 2. Lebih dari 50 di antaranya tidak menjalani perawatan apapun untuk mengobati diabetes tersebut. Namun, ada sekitar 70 orang dengan diabetes tipe 2 yang menjalani perawatan. Sementara itu, sekitar 530 peserta lainnya memiliki kadar gula darah yang normal dan 250 peserta memiliki pradiabetes.
 
Daniel mengatakan, dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa kesadaran akan terkena penyakit diabetes itu sangat diperlukan pada orang dewasa sejak sedini mungkin.
 
"Di antara orang-orang dengan diabetes, perbedaan dalam hal pengembangan tanda-tanda demensia dan alzheimer terkait dengan apakah mereka mengonsumsi obat untuk itu atau tidak", lanjutnya. Dengan kata lain-lain, salah satu tanda atau gejala seseorang dapat mengembangkan penyakit Alzheimer atau tidak itu bergantung pada apakah dia menggunakan obat diabetes atau tidak.


Related Articles
3rd ANNIVERSARY
Popular Forum
Related Articles
My Clips
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles