Share by :

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

Image Source:https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/5d164e9182b1b0dd9ff601438119410f.jpeg

Ladies, kalian pernah tidak menggunakan baking soda atau baking powder untuk membuat kue? Buat kalian yang suka baking pasti pernah dong. Sekalipun baking soda dan baking powder punya kegunaan yang hampir sama, tapi sebenarnya masih banyak dari kita yang belum tahu perbedaannya. Nah, kali ini kita nggak bahas dari segi kue ladies, tapi dari segi kecantikan. Baking powder dan baking soda memiliki perbedaan juga dalam khasiatnya untuk kulit.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Bookmark
Baking Soda

Baking soda atau sodium bicarbonate adalah bubuk putih yang mengandung crystalline, yang biasa digunakan untuk adonan pembuat kue, namun bisa juga digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Ada pro dan kontra mengenai penggunaan baking soda untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan PH pada baking soda sangat tinggi yakni 9, sedangkan kulit normal memiliki tingkat PH antara 4,2 – 5,6. Sehingga penggunaan baking soda berindikasi dapat merusak level PH alami pada kulit wajah. Sehingga, membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap bakteri dan berkurang kelembapannya.

Pro dan kontra penggunaan baking soda pada kulit wajah masih jadi perbincangan, namun menurut para ahli dermatologi, baking soda tidak dapat digunakan pada kasus tertentu. Seperti kulit berjerawat atau sensitif tidak disarankan untuk menggunakan baking soda sebagai perawatan, karena dapat merusak produksi asam lemak dan asam amino pada kulit yang berfungsi sebagai pertahanan kulit.

Yang pada akhirnya penggunaan baking soda dapat merusak lini pertahanan kulit dan menyebabkan bakteri mudah masuk hingga menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, penggunaan baking soda lebih baik sebagai eksfoliasi pada kulit tangan dan kaki. Agar sel kulit mati pada bagian tubuh tersebut dapat terangkat secara optimal dan membuatnya lebih halus.

Baking Powder

Baking powder adalah kandungan kimia yang terdiri dari kombinasi carbonate dan bicarbonate yang  biasa digunakan pada adonan kue. Kandungan dalam baking powder tidak berbeda jauh dengan baking soda, namun zat alkali yang terdapat dalam baking powder sangat tinggi dan berbahaya apabila digunakan sebagai perawatan kulit.

Kandungan kimia yang tinggi di dalamnya dapat mengurangi tingkat kelembapan kulit baik wajah, kaki, dan tangan. Kulit akan terasa lebih kering dan mudah terkena infeksi karena bakteri akan lebih mudah masuk. Jadi, cukup gunakan baking soda sebagai perawatan kulit namun kenali kondisi kulit terlebih dahulu, ya ladies. Sebelum memulai perawatan harus tetap berhati-hati dan yang paling penting kalian harus menganelai kandungan yang terdapat dalam bahan yang kalian gunakan.

Sekarang kalian sudah tahukan perbedaan antara baking soda dan baking powder? Ketika ingin menggunakannya sebagai pelengkap kecantikan kalian, perhatikan informasi di atas ya ladies


Related Articles
3rd ANNIVERSARY
Popular Forum
Related Articles
My Clips
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles